Tutorial Install Plugin Site Kit By Google Terbaru 2020

Pada artikel ini kita akan membahas Tutorial install plugin site kit by google secara lengkap, plugin site kit ini sedang banyak di gunakan oleh para webmaster dan merupakan plugin keluaran google untuk website berbasis WordPress.

Google merelease sebuah plugin bernama Site Kit, dimana plugin site kit by google ini memiliki paket komplit untuk mengoptimasi website kita, baik itu dari analisa SEO, Search Query yang masuk, Melihat pendapatan Adsense, hingga tes kecepatan website hanya dalam satu Dashboard saja.

Apa Itu Plugin Site Kit by Google

Tutorial Install Plugin Site Kit By Google Paling Lengkap
Plugin Site Kit by Google

Plugin Site Kit by google ini merupakan paket lenkap dan komplit, karena memang semua yang kita butuhkan sudah ada di dalam plugin ini, tanpa lagi harus download dan install plugin lain untuk melihat data dan mengoptimasi website dari segi SEO dan sebagainya.

Fitur yang ada di dalam plugin ini ada 6, yaitu:

Tutorial Install Plugin Site Kit By Google Paling Lengkap
Fitur Plugin Site Kit by Google

Search Console

Dengan fitur search console ini kita dapat mengetahui performa pencarian untuk website berdasarkan keyword pencarian di google, tanpa harus lagi login ke website google search console itu sendiri

Adsense

Dengan fitur adsense kita dapat mengetahui penghasilan adsense website kita langsung dari dashboard plugin site kit di dalam admin wordpress kita.

Analytics

Fitur ini tentu menjadi fitur andalan dari google, dimana kita dapat mengetahui semua data traffik website kita, perilaku pengunjung website dan lain sebagainya.

PageSpeed Insights

Siapa yang tak kenal pagespeed insight, merupakan alat penguji kecepatan loading website kita, dengan fitur ini kita dapat langsung melakukan tes kecepatan website tanpa harus membuka lagi website pagespeed insight.

Optimize

Fitur ini bermanfaat untuk kita melakukan testing baik itu layout untuk megetahui data dari pengguna saat membuka halaman website kita dll.

Tag Manager

Fitur untuk mengelola tracking code website yang kita miliki.

Tutorial Install Plugin Site Kit by Google

Di tutorial cara install plugin site kit by Google ini, saya akan mencoba menjelaskan secara detil setiap langkahnya, tenang cara install plugin site kit tidak lah ribet karena tidak memerlukan pengaturan khusus.

1. Install dan Aktifkan Plugin Site Kit by Google

Tutorial Install Plugin Site Kit By Google Paling Lengkap
Install Plugin Site Kit by Google


Langkah pertama adalah dengan mendownload plugin site kit by google, kamu bisa mencari plugin ini pada menu plugin – add new, lalu ketikan site kit, setelah ketemu lalu install dan aktifkan.

Tutorial Install Plugin Site Kit By Google Paling Lengkap
Aktifkan Plugin Site Kit by Google

2. Setting Plugin Site Kit by Google


Setelah plugin berhasil di aktifkan, langkah selanjutnya melakukan settingan untuk menghubungkan akun google kita ke plugin ini, caranya klik START SETUP untuk memulai proses setup wizard.

Tutorial Install Plugin Site Kit By Google Paling Lengkap
Klik START SETUP Untuk Memulai Proses Setting Plugin

3. Verifikasi Website

Langkah selanjutnya adalah melakukan proses verifikasi kepemilikan website yang kita miliki, pada halaman setup site kit ini, ada 3 tahap yang harus di selesaikan, yaitu:
Verifiy Site Ownership, dimana kita diwajibkan untuk melakukan verifikasi kepemilikan website.
Allow (domainkamu) to access Google Account Data, proses ini untuk memberikan hak akses data akun Google kita kepada website yang kita miliki.
Setup Search Console, proses ini untuk melakukan setup akun Google Search Console.

Untuk mulai melakukan ke 3 tahap tersebut, silahkan klik Sign In With Google.

Tutorial Install Plugin Site Kit By Google Paling Lengkap
Klik Sign in with Google

Selanjutnya kita akan diminta untuk memilih akun Google yang akan kita gunakan, sebaiknya gunakan akun google yang kamu gunakan untuk google search console atau analytics. Sebagai contoh jika sebelumnya website kita telah di pasangkan analytics pada akun Google A, maka gunakan akun Google A ini, agar proses berjalan dengan baik.

Tutorial Install Plugin Site Kit By Google Paling Lengkap 5
Klik Allow

Lalu klik Allow untuk mengijinkan akses data akun Google yang dipilih.

Setup Search Console

Tahap selanjutnya adalah melakukan proses integrasi website ke Google Search Console, klik Add Site untuk memulai proses integrasi ini.

Tutorial Install Plugin Site Kit By Google Paling Lengkap 7
Tutorial Install Plugin Site Kit By Google Paling Lengkap 8

Jika semua tahap telah selesai di lakukan maka kita dapat kembali ke halaman Dashboard, silahkan klik Go to my Dashboard.

Sampai disini proses instalasi dan settingan telah selesai dilakukan, kita sudah dapat melihat data Search Console pada halaman Dashboard plugin Site Kit by Google ini.

Tutorial Install Plugin Site Kit By Google Paling Lengkap
Tampilan Untuk Website Baru Yang Belum Memiliki Traffic
Tutorial Install Plugin Site Kit By Google Paling Lengkap
Tampilan Untuk Website Yang Memiliki Traffic

Note: Untuk website baru biasanya proses pengumpulan data akan memakan waktu, Sebagai perbandingan pada gambar dibawah ini saya menggunakan salah satu website yang saya kelola dimana sudah ada traffic nya, dan juga saya menggunakan website yang baru di buat dan belum memiliki traffic.

Untuk dapat meilhat data yang ada pada homepage atau pada suatu postingan, caranya cukup mudah yaitu buka homepage atau halaman depan website lalu pada bar atas arahkan mouse ke Site Kit, begitu juga untuk melihat data dari salah satu artikel atau postingan yang ada, buka postingan yang ingin di lihat lalu arahkan mouse ke Site Kit, maka data pada postingan itu pun akan tampil.

Tutorial Install Plugin Site Kit By Google Paling Lengkap
Data Pada Homepage atau Halaman Depan
Tutorial Install Plugin Site Kit By Google Paling Lengkap
Data Pada Suatu Postingan

Integrasi Google Analytics, Adsense, PageSpeed Insight, Optimize dan Tag Manager

Setelah kita menyelesaikan pengaturan atau setting Plugin Site Kit untuk Google Search Console, selanjutnya kita dapat melakukan settingan untuk fitur lain nya seperti Google Analytics, Adsense, PageSpeed Insight, Optimize dan Tag Manager.

Fitur-Fitur tersebut tidak secara otomatis tersetting seperti Google search console diatas, kita perlu melakukan setting secara manual.

Untuk tahap ini saya akan memberikan contoh pada settingan untuk Google Analytics, untuk fitur lain seperti adsense, pagespeed insight, optimize dan tag manager, cara nya sama.

1. Google Analytics

Tutorial Install Plugin Site Kit By Google Paling Lengkap
Klik Analytics untuk melakukan settingan integrasinya

Buka halaman Dashboard pada menu Site Kit lalu klik Connect Service pada fitur Analytics, atau jika menu ini tidak tersedia atau tidak tampil, caranya buka menu Settings lalu pilih Analytics pada list service.

Tutorial Install Plugin Site Kit By Google Paling Lengkap
Tutorial Install Plugin Site Kit By Google Paling Lengkap

Selanjutnya kita akan diarahkan ke halaman ijin akses, cukup klik Allow seperti pada tahap setting search console diatas.

Tutorial Install Plugin Site Kit By Google Paling Lengkap

Selanjutnya Pilih Akun, Property, View (data website yang ingin di lihat) lalu klik Configure Analytics.

Tutorial Install Plugin Site Kit By Google Paling Lengkap 21

Sampai disini kita telah selesai menghubungkan atau mengintegrasikan Google Analytics kedalam plugin Site Kit, dana juga seharusnya kita sudah melihat data traffic yang berasal dari google analytics ini.

Tutorial Install Plugin Site Kit By Google Paling Lengkap 22

Note: Pastikan kamu sudah membuat akun google analytics terlebih dahulu, tidak tahu caranya ?
kamu bisa baca pada artikel dibawah ini.

Upgrade Ke Google Analytics 4, Wajib Baca Ini Dulu!

2. PageSpeed Insights

Untuk mengitegrasikan PageSpeed Insights caranya sama seperti saat kita melakukan settingan atau intgerasi Google Analytics, masuk ke menu Settings – Connect More Services dan pilih Set up PageSpeed Insights.

Tutorial Install Plugin Site Kit By Google Paling Lengkap 23

Secara otomatis kita akan langsung terhubung dan kembali ke halaman dashboard plugin Site Kit ini, selanjutnya scroll ke bawah untuk melihat hasil dari pagespeed insights.

Kita akan diberikan penjelasan singkat untuk hasil tes kecepatan WordPress kita, seperti Total Blocking Time, Largest Contentful Paint, Cumulative Layout Shift pada masing-masing device baik mobile atau desktop.

Tutorial Install Plugin Site Kit By Google Paling Lengkap 24
Hasil Score PageSpeed Insights Mobile
Tutorial Install Plugin Site Kit By Google Paling Lengkap 25
Hasil Score PageSpeed Insight Desktop

Lalu bagaimana untuk mendapatkan hasil score kecepatan loading website untuk hasil terbaik? Saya telah menjelaskan nya pada artikel tentang Cara Mempercepat WordPress di PageSpeed Insights yang dapat dilihat pada link dibawah ini:

Cara Mempercepat WordPress Score 100 di PageSpeed Insights

Selain menggunakan PageSpeed Insights, kita juga dapat melakukan uji kecepatan wordpress kita pada website penguji kecepatan yang juga telah saya jelaskan pada artikel di bawah ini:

5 Website Penguji Kecepatan WordPress Terbaik

Untuk settingan integrasi Optimize dan Tag Manager, caranya sama seperti diatas, tetapi untuk optimize pastikan kamu telah membuat akun optimize terlebih dahulu sehingga bisa dihubungkan ke plugin Site Kit by Google ini, untuk penjelasan lebih lengkap apa itu Optimize dan Tag Manager, kamu dapat baca disini

Apa Itu Optimize dan Cara setting Optimize Serta Apa itu Tag Manager dan Cara Setting nya.

FAQ

Apakah Plugin Site Kit ini Gratis?

Ya, plugin site kit ini gratis dan tanpa berbayar dan ini resmi di release oleh Google sendiri.

Apakah Menghubungkan Adsense Dengan Plugin Site Kit Aman?

Tentu saja sangat aman, kita tidak perlu khawatir akan pencurian data oleh plugin adsense pihak ketiga, karena plugin Site Kit ini langsung di buat oleh Google sendiri.

Apakah Bisa Menggunakan Analytics Versi Lama?

Tutorial Install Plugin Site Kit By Google Paling Lengkap 26

Tentu saja sangat bisa, secara default plugin site kit ini mengambil data dari code analytics lama atau universal analytics, dan jika kamu telah menggunakan Google Analytics 4 terbaru, maka perlu menghubungkan kode MEASUREMENT ID pada Google Analytics lama.

Bagaimana Cara Menghubungkan Optimize dan Tag Manager di Plugin Site Kit by Google?

Untuk mengubungkan Optimize dan Tag Manager ke plugin Site Kit by Google ini, cara nya sama seperti kita melakukan integrasi Google Analytics, yang perlu di perhatikan adalah untuk Optimize dan Tag Manager, kita harus membuat akun terlebih dahulu, caranya sudah di jelaskan pada link diatas.

Kesimpulan

Sampai disini Tutorial install plugin site kit by google telah selesai, dah seharusnya kita telah dapat dengan mudah melihat semua data website dalam dashboard admin plugin site kit by google, Ada beberapa kekurangan pada data yang di tampilkan dan tidak sedetail saat kita menggunakan website pada masing-masing fitur seperti Search Console, Analytics, Adsense, PageSpeed Insight, Optimize, Tag Manager, Namun saya pribadi hanya menggunakan beberapa fitur nya saja, seperti Search Console, Analytics, Adsense dan PageSpees Insights dan saya udah cukup puas dengan fitur plugin ini.

Saya berharap Tutorial install plugin site kit by google dapat di ikuti dan dimengerti dengan baik terutama pada saat melakukan integrasi dan settingan pada masing-masing fitur.

Jika Tutorial install plugin site kit by google kurang dimengerti, silahkan tulis pada kolom komentar di bawah, agar dapat saya bantu menjawab pertanyaan dari teman-teman semua.

Leave a Comment