Plugin Backup WordPress Terbaik (TOP 10)

Plugin Backup WordPress Terbaik (TOP 10). Melakukan backup wordpress secara berkala memang wajib dilakukan, ada banyak hal mengapa kita perlu melakukan backup, mungkin karena kita akan melakukan update mayor atau perubahan besar pada WordPress kita atau kita akan pindah dari hosting atau server lama ke hosting yang baru.

Memindahkan situs web dari satu hosting ke hosting lainnya merupakan pekerjaan yang berisiko dan memakan waktu, apalagi jika kamu tidak mengerti bagaimana membackup file wordpress dan database nya. Itulah sebabnya banyak orang tidak ingin memigrasi situs mereka secara manual, karena ada rasa khawatir jika terjadi file yang corrupt atau rusak saat melakukan backup secara manual.

Untuk itulah plugin backup wordpress ini sangat berguna dan membantu kita dalam melakukan backup file wordpress secara berkala.

Jadi di artikel ini, saya telah memberikan daftar Top 10 plugin backup terbaik untuk kamu. Semua plugin dalam daftar Top 10 ini merupakan plugin pilihan berdasarkan review dan jumlah instalasi aktif pengguna yang ada di Direkroti Plugin WordPress, sehingga kamu dapat menghemat waktu dalam memilih plugin backup wordpress terbaik dan sesuai dengan pilihan masing-masing.

Cara Kerja Plugin Backup WordPress

Kita semua tahu, bahwa membuat atau menginstall WordPress sangat mudah, dan menginstall WordPress bisa dilakukan hanya dengan satu kali klik dan tidak sampai 10 menit, kalian bisa baca cara install wordpress paling mudah disini.

Tetapi untuk melakukan backup keseluruhan file dan database kita bukan lah hal yang mudah, dan bisa memakan waktu dan proses yang lama. Dengan menggunakan plugin backup, dapat membantu proses backup ini menjadi lebih cepat dan mudah. Dengan menggunakan plugin backup wordpress kita nggak harus jadi expert dalam hal-hal teknis yang membingungkan, cukup jalan kan backup di admin dashboard saja.

10 Plugin Backup WordPress Terbaik

1. UpdraftPlus

Plugin Backup WordPress Terbaik (TOP 10)
Updraft Plus Plugin Backup WordPress Terbaik (TOP 10)

UpdraftPlus adalah salah satu plugin backup WordPress yang paling populer dan berperingkat tinggi saat ini. Dengan plugin ini dapat membantu kita memindahkan situs wordpress yang kita miliki dari satu hosting ke hosting lainnya hanya dengan satu kali klik.

UpdraftPlus bisa melakukan backup full wordpress kita, termasuk database, tema, plugin, dan lainnya dalam file terpisah. Semua ini dapat dilakukan dari panel kontrol plugin. File backup dapat disimpan di berbagai layanan penyimpanan cloud seperti Dropbox, Google Drive, Amazon S3, UpdraftVault, OpenstackSwift, atau bahkan email.

Jika backup telah dibuat di tempat lain, kita dapat mengimpornya dengan drag and drop atau melalui FTP. Setelah menyelesaikan pengimporan, kita dapat dengan mudah mengganti database situs yang dimigrasi dengan file backup kita.

Download UpdraftPlus

Baca Juga: 5 Website Penguji Kecepatan WordPress Terbaik

2. BackupBuddy

Backup Buddy Plugin Backup WordPress Terbaik (TOP 10)
Backup Buddy Plugin Backup WordPress Terbaik (TOP 10)

BackupBuddy adalah plugin backup WordPress premium berbayar yang dibuat khusus untuk situs WordPress self host. Dengan plugin ini, kita dapat membuat salinan backup dari seluruh instalasi WordPress yang kita miliki termasuk perpustakaan media, plugin, tema, dan database.

Jika kita ingin berpindah dari domain lama ke domain baru atau dari hosting lama ke hosting baru, plugin ini juga memiliki opsi migrasi. Ini akan menangani proses migrasi URL WordPress kita dan secara otomatis akan mengganti semua URL saat kita migrasi situs ke domain baru. Jika kamu seorang developer yang membuat situs WordPress untuk klien, Kita dapat menggunakan fitur migrasi BackupBuddy untuk memindahkan situs yang kita buat ke domain milik client.

Download BackupBuddy

3.  Duplicator Pro

duplicator pro Plugin Backup WordPress Terbaik (TOP 10)
Duplicator Pro Plugin Backup WordPress Terbaik (TOP 10)

Duplicator adalah plugin backup dan migrasi situs WordPress lengkap yang memungkinkan kita untuk memigrasi situs WordPress kita ke hosting baru dengan mudah. Duplicator juga dapat di manfaatkan untuk mengkloning situs WordPress kita dan menyimpannya di pc atau di localhost. Kita dapat membuat paket backup bundel plugin, tema, atau seluruh file web WordPress kita.

Duplikator memungkinkan pengguna untuk memindahkan situs web langsung ke localhost jika mereka ingin membuat perubahan pada situs mereka. Plugin ini memiliki versi gratis dan paket premium juga. Versi premium duplikator memiliki fitur penjadwalan backup, penyimpanan cloud untuk menyimpan cadangan situs web.

Download Duplicato Pro

Download Duplicator Free

4.  All In One WP Migration

All in One WP Migration Plugin Backup WordPress Terbaik (TOP 10)
All in One WP Migration Plugin Backup WordPress Terbaik (TOP 10)

All-in-One WP Migration adalah plugin backup dan migrasi WordPress gratis yang memungkinkan kita mengekspor seluruh situs dengan semua tema, plugin, file media, dan database tanpa pengetahuan teknis apa pun. File yang diekspor akan dikompresi dalam format .zip dan dapat disimpan di PC lokal atau drive cloud apa pun. Namun, fitur cloud ini hanya ada di versi premium nya saja.

File yang diekspor nantinya dapat diimpor di situs WordPress lainnya. Fitur impornya sangat cepat dan mudah diikuti. Situs yang diimpor akan sama persis dengan versi yang diekspor dan didukung di semua host web dengan penginstalan WordPress.

Download All In One WP Migration

5. WP All Import

WP All Import Plugin Backup WordPress Terbaik (TOP 10)
WP All Import Plugin Backup WordPress Terbaik (TOP 10)

WP All Import adalah plugin backup dan migrasi WordPress premium atau berbayar. Plugin ini memiliki lebih dari 200.000 penginstalan dan 1500+ ulasan positif dari webmaster di seluruh dunia.

Karena ini adalah plugin premium, WP All Import hadir dengan fitur eksklusif yang tidak akan kita temukan di plugin gratis.

Fitur terbaiknya adalah sudah mendukung migrasi untuk file media besar dan struktur file yang berbeda. Selain itu, WP All Import ini juga kompatibel dengan WooCommerce, yang ditujukan agar kita dapat memigrasi atau memindahkan toko online kita ke domain atau hosting baru dengan mudah.

Download WP All Import

6. VaultPress

Vault Press Plugin Backup WordPress Terbaik (TOP 10)
VaultPress Plugin Backup WordPress Terbaik (TOP 10)

VaultPress adalah plugin backup terbaik lainnya. Plugin ini akan mencadangkan atau membackup setiap posting, halaman, pengaturan dashboard, komentar, file media, dan revisi posting situs Anda di server khusus.

Selain itu, VaultPress juga menawarkan fitur migrasi situs dengan mudah dan cepat, kita dapat dengan mudah memigrasi situs WordPress kita ke hosting baru atau membuat salinan duplikat dan menyimpannya untuk tujuan keamanan. Plugin VaultPress sekarang telah didukung oleh Jetpack

Download VaultPress Gratis

Download VaultPress Premium

Baca Juga: Cara Pindah Plugin All In One Seo Ke Yoast Seo Terbaru 2020

7. Migrate Guru

Migrate Guru Plugin Backup WordPress Terbaik (TOP 10)
Migrate Guru Plugin Backup WordPress Terbaik (TOP 10)

Migrate Guru dikembangkan untuk mempermudah proses backup dan migrasi WordPress. plugin ini akan membantu untuk memigrasi situs web WordPress kita dengan memproses database situs kita kedalam server migrate guru sendiri. Metode ini secara signifikan dapat mengurangi risiko kehilangan data selama migrasi.

Plugin migrate guru dapat memindahkan 1 GB data dalam waktu kurang dari 30 menit. Fitur ini dirancang untuk memindahkan situs WordPress dengan database besar (hingga 200 GB!).

Status proses backup dan migrasi kita akan diperbarui secara berkala melalui email, sehingga kita dapat dengan mudah melacak seluruh proses migrasi dari mana saja.

Migrate Guru tersedia secara gratis. Semua fungsinya dapat digunakan tanpa add-on berbayar tambahan.

Download Migrate Guru

8. WP Migrate DB Pro

WP Migrate DB Pro Plugin Backup WordPress Terbaik (TOP 10)
WP Migrate DB Pro Plugin Backup WordPress Terbaik (TOP 10)

Plugin WordPress WP Migrate DB menawarkan backup dan migrasi situs WordPress yang sederhana dan mudah dalam beberapa langkah. Memigrasi situs hanya melibatkan tiga langkah mudah:

Menemukan dan mengganti data penting dan penting yang kita inginkan dalam WP Migrate DB.
Ekspor skrip SQL situs WordPress.
Mengimpor data yang sama ke database baru menggunakan FTP atau phpMyAdmin.

WP Migrate DB memiliki cara backup yang berbeda situs WordPress kita dibandingkan dengan plugin lain yang telah sy sebutkan di atas.

Tidak hanya mengekspor file, plugin ini juga mengekspor database situs WordPress ke komputer kita sebagai file SQL. Ekstensi ini kemudian digunakan untuk mengimpor file ke domain atau host baru.

WP DB Migrate dapat mengganti URL secara otomatis di database situs kita. Sehingga memungkinkan kita untuk membuang data yang tidak perlu seperti komentar pengunjung pada posting, spam, dan konten lama.

Selain itu, plugin ini menyimpan data cache secara komprehensif, sehingga kita dapat mengulangi proses migrasi berkali-kali ke banyak domain dan host yang berbeda.

kita dapat menggunakan plugin secara gratis atau membeli versi pro seharga $ 90. Versi premium memungkinkan kita untuk memigrasi situs kita dengan satu klik, langsung dari dasbor WordPress.

Download WP Migrate DB

Download WP Migrate DB Pro

9. WPvivid

WPVivid Plugin Backup WordPress Terbaik (TOP 10)
WPvivid Plugin Backup WordPress Terbaik (TOP 10)

Wpvivid adalah plugin backup dan migrasi gratis yang membantu kita membuat cadangan situs lengkap, menyimpan file di cloud, dan melakukan migrasi situs sederhana. Kita dapat memilih apakah kita ingin memigrasi seluruh situs, file tertentu, atau hanya database. Dengan plugin ini, memigrasi situs web kita ke domain baru hanya dengan sekali klik.

Plugin ini mudah digunakan dan memberikan kontrol penuh atas ukuran file backup. Kita juga dapat mengatur berapa banyak cadangan yang ingin kita simpan di server atau penyimpanan cloud.

Download WPvivid

10. Jetpack

Jetpack Plugin Backup WordPress Terbaik (TOP 10)
Jetpack Plugin Backup WordPress Terbaik (TOP 10)

Jetpack adalah plugin all-in-one dengan fitu keamanan, kinerja, dan fungsional ke level berikutnya. Plus, ini dapat membantu kita membuat file backup atau memigrasi situs WordPress kita hanya dengan satu klik. Dan juga mencadangkan situs kita secara real-time untuk menyimpan setiap perubahan yang kita buat.

Jetpack akan mencadangkan semua pos, media, pengaturan, komentar, dan sebagainya untuk memastikan tidak ada yang terlewatkan pada proses backup.

Jetpack juga memiliki fitur scan malware untuk seluruh situs WordPress, dan perbaikan sekali klik dapat menjaga situs WordPress aman dari ancaman online. Jetpack juga melindungi situs dari spam yang datang dari komentar dan formulir, seperti  kontak form.

Download Jetpack

Kesimpulan:

Saya berharap dengan adanya artikel Plugin Backup WordPress Terbaik ini, dapat membantu teman-teman semua untuk memilih plugin backup WordPress terbaik dan sesuai dengan selera kita masing-masing, karena setiap orang memiliki selera dan cara yang berbeda untuk memanage situs WordPress nya.

Sangat penting bahwa apapun jenis plugin backup atau migrasi yang kita pilih, kita harus paham dulu cara pemakaiannya dan tujuan kita menggunakan plugin backup wordpress ini.

Website yang kita bangun adalah hasil kerja keras, kesabaran, dan membutuhkan investasi waktu dan uang yang tidak sedikit. Postingan ini di buat untuk membantu mengumpulkan plugin-plugin terbaik dan yang paling banyak di gunakan, agar tidak terjadi kesalahan.

Semoga bermanfaat 🙂

Leave a Comment