Fitur Analytics Rank Math 2020, Makin Mantap!

Rank Math SEO Plugin baru saja update ke versi terbarunya dengan memberikan fitur Analytics Rank Math yang semakin lengkap dan mantap. Fitur ini diberikan pada versi gratis, untuk mendapatkan fitur analytics ini, kita harus mengupdate versi plugin ke versi terbarunya.

Banyak perubahan yang ada pada versi terbaru dari plugin seo Rank Math ini, dan dalam waktu dekat Rank Math akan meluncurkan Rank Math versi PRO yang pastinya akan memiliki banyak sekali fitur luar biasa jika di bandingkan dengan plugin SEO lain seperti YOAST SEO, ALL IN ONE SEO PACK.

Dan seperti slogan Rank Math “ The Swiss Army Knife of WordPress SEO” akan benar-benar menjadi kenyataan. Dan bagi pengguna YOAST dan All In One SEO Pack bersiaplah untuk menerima penantang plugin SEO baru yang semakin “OUT OF THE BOX” Yaitu RANK MATH!

Update Ke Versi Terbaru

Untuk mendapatkan fitur analytics terbaru ini, pastikan sudah mengupdate ke versi rank math terbaru. Masuk ke menu plugin – installed plugins – rank math, dan aktifkan Enable Auto Update,

Fitur Analytics Rank Math 2020, Makin Mantap!
Aktifkan Auto Update Rank Math

selanjutnya kembali ke menu Rank Math dan pilih Status & Tools, cek apakah telah menggunakan plugin versi terbaru, saat artikel ini dibuat, versi terbaru Rank Math adalah versi 1.0.49.

Fitur Analytics Rank Math 2020, Makin Mantap!
Cek Status Versi Rank Math
Fitur Analytics Rank Math 2020, Makin Mantap!
Cek Versi Terbaru Rank math

Jika kamu belum baca panduan Cara install dan setting Rank Math dari awal, kamu bisa baca pada artikel dibawah ini:

[Auto Page One] Cara Setting Rank Math Seo Plugin Lengkap #1

Saya menyarankan untuk mengatifkan Auto update agar kita selalu mendapatkan update plugin secara otomatis, dan juga dengan mengupdate plugin ke versi terbaru akan membuat website lebih aman.

Fitur Analytics Rank Math 2020, Makin Mantap!
Auto Update Rank Math

Fitur Analytics Rank Math Terbaru

Dari yang telah saya lihat, Rank Math memperbaharui tampilan Analytics yang sebelumnya terkesan standard dan hanya menampilkan beberapa segment seperti graphic traffic dan query pencarian pada website kita.

Namun pada pembaharuan kali ini, Rank Math merubah total tampilan nya dan menambahkan banyak sekali fitur didalamnya, seperti tampilan Dashboard, Site Analytics, SEO Performance, dan Keyword. Mari kita bahas satu-persatu.

Dashboard

Fitur Analytics Rank Math 2020
Tampilan Dashboard Analytics Rank Math Terbaru

Dashboard merupakan tampilan dimana kita dapat melihat performa keseluruhan dari website kita berdasarkan analisa dari plugin Rank Math, pada menu dashboard ini kita di suguhkan tampilan menu seperti:

Analytics

pada menu analytics ini memperlihatkan performa optimasi website kita dari segi SEO Score nya, seberapa baik score seo dari postingan kita yang diukur berdasarkan algoritma plugin rank math. Di menu ini juga dibagi beberapa sub menu lain seperti:

  • Overall Optimization – menu ini menampilkan SEO Score dalam bentuk Chart untuk performa artikel secara keseluruhan.
  • Search Traffic – menu ini menampilkan total page view pada mesin pencari Google.
  • Search Impessions –  menu ini menampilkan seberapa banyak website kita tampil pada hasil penelusuran.
  • Total Keywords – menampilan jumlah keyword yang kita rangking pada mesin pencari.
  • Search Cliks – menampilkan total klik ke website pada hasil pencarian.
  • All Keywords – menu ini menampilkan jumah keyword website kita yang muncul pada mesin pencari, sayangnya fitur ini belum aktif dan merupakan fitur PRO dari Rank Math.
  • Keyword Positions – menu ini menampilkan jumlah top keyword pada website kita yang memberikan traffik organic pada mesin pencari.
  • Top 5 Winning & Losing Posts – menu ini menampilan Top 5 postingan artikel kita yang memiliki performa terbaik untuk hasil seo score dan paling banyak memberikan traffik ke website kita, fitur ini akan menjadi fitur PRO pada Rank Math.

Site Analytics

Fitur Analytics Rank Math 2020
Tampilan Fitur Site Analytics Rank Math Terbaru

Fitur Analytics Rank Math pada menu Site Analytics ini merupakan fitur versi PRO, pada fitur analytics ini Rank Math menampilkan nilai score untuk masing-masing artikel yang ada di website kita secara  detil. Disini kita dapat mengetahui secara rinci artikel atau halaman dari website kita yang memiliki nilai yang bagus dan nilai yang buruk.

Site Analytics juga menampilkan nilai metrik total traffik dan performa pencarian untuk tiap-tiap artikel pada website kita, tentunya fitur ini sangat bagus dan bermanfaat agar kita dapat melakukan evaluasi dan memperbaiki kualitas dari artikel dan halaman berdasarkan algoritma seo score plugin rank math.

Tetapi yang perlu di ketahui disini, fitur modul Analytics Rank Math tidak sama dengan Google Search Console, seperti pada penjelasan yang ada pada modul Analytics Rank Math dibawah ini yang telah saya terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.

Catatan: Statistik yang muncul di modul Rank Math Analytics tidak akan cocok dengan data dari Google Search Console karena kami hanya melacak postingan dan kata kunci yang memiliki peringkat di 100 posisi teratas dan memiliki setidaknya 1 klik dalam jangka waktu yang dipilih. Kami melakukan ini untuk membantu membuat pengambilan keputusan lebih mudah dan untuk pemrosesan data yang lebih cepat karena ini adalah data yang sangat Anda butuhkan untuk memprioritaskan upaya SEO Anda.

SEO Performance

Fitur Analytics Rank Math 2020 - seo performance
Tampilan Fitur SEO Performance Rank Math

Fitur Analytics Rank Math terbaru lainnya adalah Seo Performance, pada menu Seo Performance ini kita diberikan tampilan yang cukup interkatif, dimana menu ini menggunakan animasi chart graphic untuk setiap masing-masing fitur nya, terdapat beberapa metrik yang ditampilkan pada menu fitur analytics rank math  SEO Performance inim antara lain:

  • Search Traffic

  • Search Impressions

  • Total Keywords

  • Search Clicks

  • CTR

  • Avg. Positions

  • Content

Sekilas tampilan ini mirip dengan tampilan pada google search console, namun memiliki data yang lebih detail pada bagian Content, dimana kita dapat melihat performa artikel yang kita buat berdasarkan Search Traffic, Impressions, Click, CTR dan Positions. Kita juga dapat memfilter metrik ini pada menu filter seperti gambar dibawah ini:

Fitur Analytics Rank Math 2020
Fitur Content Analytics Rank Math

Keywords

Fitur Analytics Rank Math 2020
Tampilan Fitur Analytics Keywords Rank Math

Menu yang paling saya suka pada update fitur analytics rank math terbaru kali ini adalah fitur keywords, dimana pada menu ini kita diberikan tampilan metrik yang sangat lengkap, terdapat beberapa metrik yang diberikan yaitu:

  • Top 3 Positions – menampilkan keyword yang kita rangking untuk berada pada posisi 1 -2 -3 di page one Google.

  • 4 – 10 Positions – menampilkan keyword yang kita rangking untuk website kita tampil di page one Google.

  • 10 – 50 Positions – menampikan keyword yang memperlihatkan posisi artikel kita pada halaman 2-5 Google.

  • 51 – 100 Positions – menampilkan keyword yang menampilkan website kita pada halaman lebih dari 5 dstnya di Google.

  • Keyword Manager – ini merupakan fitur PRO nantinya, pada menu ini kita dapat memonitor target keyword yang telah kita rangking untuk dapat mengetahui performa nya dan juga histori posisi keyword tersebut.

  • Rest of the Keywords – menu ini menampilkan keyword yang dapat di filter berdasarkan Impressions, Click, Ctr dan Position.

  • Top 5 Winning & Losing Keywords – ini adalah fitur PRO dari fitur analytics rank math terbaru, yang menampilkan Top 5 Keyword yang telah kita rangking, dan posisi keyword yang drop pada mesin pencari google.

Kesimpulan

Fitur Analytics Rank Math terbaru ini membuat kita dapat lebih mengerti dan memahami setiap metrik pada artikel yang ada pada website kita, dimana dengan banyak nya fitur-fitur analytics yang disediakan oleh Rank Math pada versi PRO kita tidak perlu lagi membayar atau berlangganan pada website analytics mahal seperti Semrush, ahref, moz dll.

Memang fitur pro rank math tak selengkap website berbayar seperti yang saya sebutkan diatas, tetapi dengan fitur ini kita dapat menghemat banyak biaya untuk melakukan analisa website yang kita miliki. Yang sudah jelas dan pasti fitur analytics dari rank math ini tidak di miliki oleh plugin SEO lain seperti Yoast, All In One Seo Pack atau plugin seo lainnya.

Lalu bagaimana jika ingin migrasi atau pindah dari yoast ke rank math ? kalian bisa baca artikel saya sebelumnya yang membahas secara lengkap bagaimana migrasi atau pindah dari plugin seo yoast atau plugin seo lainnya ke rank math pada artikel di bawah ini:

Cara Migrasi Dari Yoast Seo Ke Rank Math Lengkap

Semoga bermanfaat 🙂

 

Leave a Comment