Cara Compress Gambar Maximal Untuk WordPress

Ukuran gambar yang besar dapat membuat loading wordpress menjadi berat, kali ini kita akan membahas bagaimana cara mengcompress gambar secara maximal untuk website wordpress kita. Ukuran gambar yang terlalu besar akan membuat kecepetan website kita berkurang, seperti tutorial yang sudah saya buat pada artikel sebelumnya.

Gambar merupakan element penting di suatu artikel, tidak hanya membuat tampilan wordpress atau blog kita menjadi lebih cantik, tetapi dengan gambar, kita bisa mem visualisasikan website atau blog kita. Seperti malam tanpa bintang, gambar merupakan element pelengkap utama pada suatu website.

Cara Compress Gambar Hasil Maximal

Banyak tools dan software yang bisa di gunakan untuk mengcompress ukuran gambar sehingga menjadi lebih kecil, seperti plugin-plugin wordpress, software image compressor, menggunakan photoshop (save as web) atau tools-tools lain yang di buat khusus untuk mengoptimalkan ukuran gambar. Tetapi ada satu software favorit yang selalu saya gunakan untuk memperkecil ukuran gambar, yaitu RIOT – Radical Image Optimization Tool.

Riot merupakan software untuk mengcompress ukuran gambar yang besar menjadi lebih kecil tanpa mengurangi kualitas aslinya, software Riot ini gratis dan bisa digunakan di windows (Windows 2000, XP, Vista, 7, 8, 10). Untuk pengguna Linux, dan MAC kalian bisa mencari software sejenis, karena saya menggunakan Windows jadi saya tidak bisa memberikan rekomendasi software sejenis untuk Linux Users dan Mac Users (maafkeun) 😀

Ok langsung saja kita ketahapan nya cara compress gambar nya menggunakan RIOT.

Langkah 1:

Download RIOT – Radical Image Optimization Tool disinilalu install seperti biasa.

Cara Compress Gambar Maximal Untuk WordPress
Tampilan software RIOT – Radical Image Optimization Tool

Langkah 2:

Pilih gambar yang akan di compress ukuran nya, ada baiknya sebelum di compress, kita lihat dulu ukuran asli dari file gambar tersebut, sebagai contoh saya menggunakan gambar seperti di bawah ini:

Cara Compress Gambar Maximal Untuk WordPress 2

Seperti yang kalian lihat, ukuran gambar ini sebesar 134,5 KB dengan dimensi 1500px x 900px, gambar ini akan kita compress menjadi lebih kecil nantinya menggunakan RIOT.

Langkah 3:

Drag gambar yang akan di compress kedalam sofwtare RIOT tadi, Karena gambar yang saya akan compress memiliki ukuran dimensi yang besar yaitu 1500px x 900px, maka RIOT menampilkan pop up window yang memberikan info tentang ukuran gambar ini, dan juga memberikan rekomendasi untuk meresize dimensi gambar, klik “Yes” untuk meresize gambar dan “No” untuk membiarkan ukuran dimensi gambar nya tetap, untuk kasus ini saya akan pilih “Yes” agar dimensi ukuran gambar nya di rubah, alasannya karena gambar akan kita gunakan untuk di tampilkan di website.

Cara Compress Gambar Maximal Untuk WordPress

Langkah 4:

Selanjutnya akan muncul pop up baru dimana kita diminta untuk merubah ukuran dimensi gambar ini, disini saya gunakan ukuran 850 untuk width nya, secara otomatis ukuran height nya akan mengikuti, jangan lupa centang “Keep aspect ratio” agar ukuran width dan height nya tetap sesuai. pada bagian “Resampling filter” pilih “Catmull-Rom (slow,very good, sharp)” saya lebih memilih ini sebagai default settings, karena sudah sangat bagus dalam hasil compresi nya.

Cara Compress Gambar Maximal Untuk WordPress 4
Cara Compress Gambar Maximal Dengan Riot Untuk WordPress

Langkah 5:

RIOT akan menampilkan dua window Before dan After nya, disini kalian sudah bisa melihat berapa ukuran gambar sebelum di compress (Gambar kiri) dan gambar yang telah di compress (Gambar kanan).

Cara Compress Gambar Maximal Untuk WordPress

Seperti yang kalian lihat, tidak banyak perbedaan dari kualitas gambar yang di hasilkan, dimana ukuran gambar dari hasil compress menggunakan RIOT menjadi 32,87 KB (Gambar kanan), padahal saya sudah menurunkan kualitasnya menjadi 85%, jika dirasa hasilnya sudah cukup, kalian bisa menyimpan gambar hasil compress ini dengan mengklik tombol “SAVE“, dan kalian sudah bisa menggunakan gambar ini untuk di upload ke wesbite wordpress kalian.

Baca Juga: Cara Mempercepat WordPress Score 100 di PageSpeed Insight

Fungsi Lain Dari RIOT

Riot – Radical Image Optimization Tool tidak hanya sekedar tool untuk mencompress file gambar saja, tetapi ada banyak sekali fitur-fitur canggih didalamnya, antara lain:

  • Mengkonversi format gambar dari JPEG ke PNG dan ke GIF.
  • Fitur Image Adjustment, yang bisa kita gunakan untuk mengatur Brightness, Contrast, Gamma, Invert (negative) dan Grayscale.
  • Fitur Rotate yang bisa di gunakan untuk merubah posisi gambar.
  • Fitur Flip, yang bisa juga kita gunakan untuk merubah posisi gambar secara berlawanan arah.
  • Fitur Compress to size, dengan fitur ini kita bisa mengatur ukuran gambar secara cepat.

BULK Image Compression

Fitur Bulk ini berfungsi untuk melakukan compress gambar secara masal alias secara banyak, jadi jika kalian memiliki jumlah gambar yang banyak, kalian bisa menggunakan fitur “BATCH” yang ada di RIOT ini, perhatikan gambar dibawah:

 

Cara Compress Gambar Maximal Untuk WordPress
Cara Compress Gambar Secara Bulk

 

Cara Compress Gambar Maximal Untuk WordPress
Cara Compress Gambar Secara Bulk

Untuk menggunakan fitur ini, pastikan kalian telah memiliki gambar yang akan di compress di dalam satu folder, agar nantinya lebih mudah dalam melihat hasilnya, saat tombol Batch di klik maka RIOT akan membuka suatu window baru khusus untuk melakukan Batch Compression. Disini kalian tinggal drag saja kedalam software RIOT, lalu pastikan output folder telah kalian set, agar hasilnya tersimpan secara otomatis didalam satu folder.

Perhatikan gambar dibawah ini:

 

Cara Compress Gambar Maximal Untuk WordPressCara Compress Gambar Maximal Untuk WordPressCara Compress Gambar Maximal Untuk WordPressCara Compress Gambar Maximal Untuk WordPressCara Compress Gambar Maximal Untuk WordPressCara Compress Gambar Maximal Untuk WordPressCara Compress Gambar Maximal Untuk WordPress

Seperti itulah cara compress gambar maximal untuk wordpress menggunakan software RIOT – Radical Image Optimization Tool, cara ini bisa kalian terapkan tidak hanya untuk wordpress saja, tetapi juga bisa di gunakan untuk semua website yang kalian kelola.

Semoga bermanfaat 🙂

Leave a Comment