Cara Setting Wp Rocket Versi 3 Terbaru

Di artikel ini kita akan bahas cara setting Wp Rocket Versi 3 terbaru lengkap dengan gambar, ada banyak cara untuk mempercepat loading wordpress, salah satu nya dengan menggunakan plugin cache seperti WP ROCKET.

WordPress memilki banyak sekali plugin tambahan khusus nya plugin untuk mempercepat kecepatan wordpress kita, seperti yang sudah saya jelaskan pada artikel sebelumnya yaitu Cara Mempercepat WordPress Score 100 di PageSpeed Insights.

Pada tutorial tersebut saya menggunakan dua plugin tambahan yaitu Autoptimize dan WP Fastest Cache. Dan pada tutorial kali ini kita akan fokus menggunakan satu plugin cache saja yang sudah bisa mengcover kedua plugin tersebut, yaitu WP ROCKET. cara setting wp rocket versi 3, cara setting wp rocket versi 3 terbaru

Mungkin teman-teman telah banyak membaca artikel tentang tutorial cara setting wp rocket dari berbagai blog-blog, dan mungkin beberapa tutorial tersebut tidak update dengan versi wp rocket terbaru saat ini.

Versi terbaru WP ROCKET saat tulisan ini di buat yaitu sudah di versi 3.7.6 yang di release pada 3 Desember 2020, dimana ada beberapa perubahan pada optimasi kode plugin nya, changelog nya dapat di lihat disini.

Apa Itu WP ROCKET?

WP Rocket merupakan plugin cache untuk WordPress premium, artinya plugin ini tidaklah gratis alias berbayar. WP Rocket merupakan plugin caching wordpress terbaik dengan pengguna yang telah mencapai lebih dari 1 juta pengguna di seluruh dunia.

WP Rocket memiliki 3 jenis lisensi yang ditawarkan, yaitu:

  • Single – Paket lisensi seharga $49 untuk 1 tahun / 1 website
  • Plus – Paket lisensi seharga $99 untuk 1 tahun / 3 website
  • Infinite – Paket lisensi seharga $249 untuk 1 tahun / unlimited website

Sayangnya, WP Rocket tidak menawarkan TRIAL Licenses pada penawaran mereka, ya.. mungkin karena mereka sudah sangat yakin dengan kualitas plugin nya, dan sudah memiliki nama yang besar, jadi garansi dan kepuaasan menjadi sesuatu yang pasti akan di dapat ketika kita membeli salah satu paket lisensi tersebut.

Apa Saja Fitur WP ROCKET?

WP Rocket memberikan fitur-fitur andalan mereka pada setiap paket lisensi yang ditawarkan, semua fitur yang di dapat pada tiap lisensi nya sama dan tidak ada yang berbeda, yang menjadi perbedaan hanya pada harga dan support untuk banyak nya website yang bisa di gunakan.

Berikut Fitur-Fitur WP ROCKET:

✓ Quick Setup✓ Google Fonts Optimization✓ Mobile Detection
✓ Page Caching✓ Lazyload✓ Multisite Compatibility
✓ Cache Preloading✓ Minification / Concatenation✓ eCommerce Friendly
✓ Sitemap Preloading✓ Defer JS Loading✓ Multilingual Compatibility
✓ GZIP Compression✓ CloudFlare Compatibility✓ Connected Users
✓ Browser Caching✓ CDN✓ Import/Export
✓ Database Optimization✓ DNS Prefetching✓ Developer Friendly
Fitur – Fitur WP ROCKET

Dengan fitur-fitur yang di berikan wp rocket tersebut, wp rocket memberikan garansi 14 hari uang kembali jika kita tidak puas dengan hasil pada plugin ini, atau tidak ada perubahan kecepatan pada website kita, tentunya dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Jika kecepatan wordpress kita tidak bertambah setelah menggunakan plugin wp rocket, kita dapat meminta bantuan support untuk membantu melakukan pengecekan, itulah mengapa biaya yang harus kita keluarkan cukup mahal untuk sebuah plugin caching ini, karena kita tidak hanya membeli lisensi tetapi juga membeli support nya 🙂

Cara Setting WP ROCKET Versi 3 Terbaru

Secara umum cara setting wp rocket ini terbilang cukup mudah dan simpel, tidak banyak pengaturan seperti plugin caching lain nya, dan tentunya ini menjadi nilai tambah tersendiri untuk eksperimen pengguna dalam menggunakan wp rocket.

Kamu juga bisa menggunakan jasa install Wp Rocket dari penjual yang memiliki lisensi Infinite, ada banyak sekali penjual yang menawarkan jasa install wp rocket ini, silahkan cari penjual yang terpercaya, atau kamu bisa mendapatkan rekomendasi penjual jasa install wp rocket ke saya. Silahkan hubungi saya di whatsapp

Berikut saya akan coba menjelaskan secara lengkap bagaimana cara setting wp rocket versi 3.7.x terbaru ini.

Note: Saya menggunakan shared hosting cloud dari warnahost, dan tidak menggunakan VPS, karena optimasi kecepatan wordpress pada hosting shared lebih sulit dilakukan daripada menggunakan VPS yang sudah pasti lebih cepat dan mudah untuk di optimasi kecepatan nya.

Jadi pastikan jika kamu menggunakan shared hosting, pilih lah shared hosting yang memang memiliki kualitas terbaik dari segi spesifikasi hardware dan juga support layanan yang bagus.

Cara Setting Wp Rocket Versi 3 Terbaru Lengkap

Berikut cara setting wp rocket versi 3 terbaru yang benar untuk meningkatkan kecepatan wordpress. Settingan ini berdasarkan trial dan error yang saya lakukan, dan juga berdasarkan referensi dari blog Wp Rocket, dan juga tentunya settingan ini saya gunakan pada blog ewiskan.com dan beberapa blog client yang saya kelola.

Perkiraan Waktu: 15 minutes

1. Install WP Rocket

Cara Setting Wp Rocket Versi 3

Langkah pertama adalah tentunya dengan mendownload wp rocket, upload lalu install dan akftikan wp rocket seperti kita mengaktifkan plugin wordpress pada umumnya.

2. Dashboard WP Rocket

Cara Setting Wp Rocket Versi 3

Menu Dashboard WP Rocket memiliki beberap informasi tentang lisensi dan masa aktif akun, pada menu ini, saya tidak mengaktifkan rocket tester maupun rocket analytics. Kamu bisa mengaktfikan kedua menu ini jika mau, yang perlu diingat kedua menu ini tidak berdampak apa-apa pada kecepatan wordpress.

Penjelasan:
1. Rocket Tester – Rocket Tester merupakan program wp rocket beta, dengan mengaktifkan rocket tester, kamu dapat merasakan fitur baru dari wp rocket sebelum resmi di release.
2. Rocket Analytics – Rocket Analytics berfungsi untuk mengirimkan data tentang analisa penggunaan wp rocket, dengan mengaktifkan fitur ini artinya kamu setuju memberikan data tentang penggunaan wp rocket pada wesbite kamu ke tim wp rocket.
3. Remove All Cached Files – kamu bisa mengklik “clear cache” untuk membersihkan semua file cache, fitur ini direkomendasikan untuk digunakan setelah kamu selesai mengkonfigurasikan pengaturan WP Rocket.
4. Start Cache Preloading – fitur ini berfungsi untuk melakukan preload semua link dan halaman, fitur ini berfungsi agar pemuatan link atau halaman link lebih cepat dibuka.
5. Regenerate Critical CSS – Fitur ini berfungsi untuk me-regenerate file css, wp rocket akan membuat satu link file css agar pemuatan css tidak membuat tampilan website menjadi rusak.

3. Pengaturan Cache

Cara Setting Wp Rocket Versi 3

Pada menu cache terdapat 3 menu yaitu Mobile Cache, User Cache, Cache Lifespan. Kita akan mengaktifkan fitur caching nya untuk:
1. Mobile Cache – Aktifkan “Enable caching for mobile devices” dan aktifkan “Separate cache files for mobile devices” ini berfungsi agar kecepatan website saat di akses menggunakan mobile sama cepat nya seperti ketika di akses melalui dekstop.
2. User Cache – biarkan default.
3. Cache Lifespan – biarkan default.

4. Pengaturan Optimasi File

Cara Setting Wp Rocket Versi 3

Pada menu ini kita akan melakukan pengaturan untuk CSS Files dan JavaScript Files.

1. CSS Files
Minify CSS files, Aktifkan menu ini untuk meminify code css
Combine CSS files (Enable Minify CSS files to select), biarkan default karena fitur ini hanya bagus di gunakan jika hosting kamu belum support HTTP/2, cara mengecek apakah hosting sudh support HTTP/2 dapat dilakukan disini.
Optimize CSS delivery, Centang untuk mengoptimasi code css untuk meningkatkan load time dan menghilangkan render-blocking CSS pada warning yang muncul saat melakukan uji kecepatan wordpress.

2. Javascript Files
Remove jQuery Migrate, Aktifkan
Minify JavaScript files, Aktifkan
Combine JavaScript files (Enable Minify JavaScript files to select), biarkan default.
Load JavaScript deferred, Aktifkan
Safe mode for jQuery, Aktifkan
Delay javascript execution, Aktifkan

5. Pengaturan Optimasi Media

Cara Setting Wp Rocket Versi 3

Pengaturan Media berfungsi untuk mempercepat loading media seperti gambar, video atau iframe. Cara pengaturan nya seperti ini:

1. Lazyload, berfungsi untuk mendelay atau gambar, iframe dan video.
Enable for images, saya tidak mengaktifkan nya karena WordPress 5.5 keatas sudah memiliki fitur lazyload, selengkapnya silahkan baca pada wordpress core update disini
Enable for iframes and videos, Aktifkan
Replace YouTube iframe with preview image, Aktifkan

2. Emoji
Disable Emoji, Aktifkan

3. Embeds
Disable WordPress embeds, Aktifkan

4. WebP compatibility
Enable WebP caching, biarkan default

6. Pengaturan Preload

Cara Setting Wp Rocket Versi 3

Fitur Preload berfungsi agar Wp Rocket membuat cache untuk link dan halaman, wp rocket akan membuat cache berdasarkan link yang ada di sitemap kita.

1. Preload Cache
Activate Preloading, Aktifkan
Activate sitemap-based cache preloading, biarkan default, mengapa? karena dalam beberapa kasus yang saya temukan, saat preloading di aktifkan untuk sitemap, ketika kita menambahkan atau mengupdate postingan maka sitemap tidak secara instan terupdate, akan ada cache dan delay. Karena sitemap merupakan halaman penting bagi website dan agar google bot crawler dapat terus mendapatkan link terbaru maka saya tidak aktifkan fitur ini.

2. Preload Links
Enable link preloading, Aktifkan

3. Prefetch DNS Requests
URLs to prefetch, menu ini berfungsi untuk membuat load file yang berasalah dari link external lebih cepat, seperti penggunaan google analytics, facebook pixel, google adsense yang di request dari web pihak ketiga, dengan prefetch DNS request akan membantu mempercepat proses tersebut.

Silahkan masukan kode dibawah ini, dan sesuaikan dengan link request yang ada di website kamu.

//adservice.google.co.id
//adservice.google.com
//pagead2.googlesyndication.com
//partner.googleadservices.com
//tpc.googlesyndication.com
//www.google-analytics.com
//www.googletagmanager.com
//www.googletagservices.com
//i0.wp.com

4. Preload Fonts
Fitur ini berfungsi untuk mempercepat loading penggunaan custom font seperti google font, dengan mengaktifkan preload fonts kita dapat meningkatkan load time website kita. Jika kamu menggunakan google font, silahkan isi url path file font pada kolom yang disediakan.

7. Pengaturan Advanced Rules

Cara Setting Wp Rocket Versi 3

Pada menu Advanced Rules ini, berfungsi untuk membuat url tertentu tidak ikut pada proses caching. Kamu dapat memasukan url yang kamu anggap tidak harus di ikutkan pada caching wp rocket disini.

Sebagai contoh disini, saya tidak ingin wp rocket membuat cache untuk halaman sitemap, agar sitemap tetap terupdate tan fresh tanpa terkena cache.

Never Cache URL(s)
pada kolom ini isi dengan url yang tidak ingin kamu masukan kedalam proses caching. Disini saya memasukan url sitemap, yang mana sitemap dihasilkan dari plugin Rank Math.

Jika kamu pengguna Rank Math, kamu dapat memasukan kode ini. Untuk pengguna Yoast dan Plugin SEO lain dapat memasukan kode seperti yang telah saya tulis pada bagian bawah artikel ini.

/(.)sitemap(.).xml
/(.*)sitemap.xsl

Untuk menu Never Cache Cookies, Never Cache User Agent(s), Always Purge URL(s), Cache Query String(s) biarkan default.

8. Pengaturan Optimasi Database

Cara Setting Wp Rocket Versi 3

Menu Database berfungsi untuk menyegarkan database wordpress kita, fitur ini dapat membersihkan file revisi postingan, draft, postingan sampah, komen spam, dan File transient pada database, sehingga database menjadi lebih ringan.

Silahkan aktifkan seperti gambar, atau pilih sesuai kebutuhan website kamu. Lalu jangan lupa klik SAVE CHANGES AND OPTIMIZE.

9. Pengaturan CDN

Cara Setting Wp Rocket Versi 3

Menu CDN, berfungsi jika kamu menggunakan CDN atau Content Delivery Network pada website wordpress yang kamu miliki. Disini saya hanya memanfaatkan CDN bawaan wordpress untuk mengoptimasi gambar, kamu dapat mengikuti cara ini atau biarkan kosong.

CDN
Enable Content Delivery Network, Aktifkan
dan isi dengan url dibawah ini:

https://i0.wp.com/domainkamu.com

10. Pengaturan Heartbeat

Cara Setting Wp Rocket Versi 3

Fitur Heartbeat dapat mengurangi beban sumber daya server. Aktifkan Control Heartbeat untuk menggunakan fitur ini.

11. Pengaturan Addons

Cara Setting Wp Rocket Versi 3

Menu Add Ons di Wp Rocket berfungsi untuk memaksimalkan kode pihak ketiga seperti Google Analytics, Facebook Pixel, Varnish, Cloudflare dan Sucuri.

Silahkan aktifkan add ons ini sesuai dengan kebutuhan website wordpress kamu sekarang, sebagai contoh saya menggunakan Google Analytics, maka saya mengaktifkan Google Analytics saja.

12. Pengaturan Optimasi Gambar

Cara Setting Wp Rocket Versi 3

Menu ini merupakan tambahan dari fitur Wp Rocket, untuk mengoptimasi ukuran gambar, kamu dapat menggunakan plugin imagify untuk mengkompress ukuran gambar yang ada di website menggunakan plugin ini.

Tetapi jika kamu merupakan tipe orang yang tidak mau menggunakan banyak plugin, kamu bisa menkompress gambar dengan hasil maksimal seperti yang saya lakukan pada artikel saya mengenai cara compress gambar hasil maksimal untuk wordpress. Silahkan gunakan menu pencarian pada web ini.

13. Pengaturan Tools

Cara Setting Wp Rocket Versi 3

Pada menu Tools ini berfungsi untuk kita dapat menyimpan konfigurasi settingan wp rocket yang telah kita lakukan, kita juga dapat menggunakan settingan wp rocket untuk digunakan pada website kita yang lain nya dengan memanfaatkan fitur import settings.

Disini kita juga bisa melakukan atau mereinstall versi wp rocket jika dirasa versi terbaru tidak sesuai dengan keinginan. Tetapi dari pengalaman saya sejauh ini versi official release selalu stabil. Berbeda dengan versi beta jika kamu mengaktifkan Rocket Tester.

14. Tutorial

Cara Setting Wp Rocket Versi 3

Ini merupakan menu terakhir pada fitur Wp Rocket, disini kamu dapat menonton tutorial cara setting wp rocket secara lengkap dalam versi bahasa inggris.

Supply:

  • – Plugin WP Rocket
  • – Cloud Shared Hosting Warnahost
  • – Google Adsense Code
  • – Google Analytics Code
  • – 16 Plugin Yang Aktif

Tools:

  • – Google Page Speed Insight
  • – GTMetrix

Hasil Setting Wp Rocket Versi 3 Terbaru

Jika semua pengaturan telah di lakukan, jangan lupa klik Save Changes untuk menyimpan pengaturan nya, dan sekarang coba lah untuk melakukan uji kecepatan website kamu, jika dilakukan dengan benar dan sesuai maka website wordpress kamu sekarang seharusnya sudah lebih cepat dari sebelumnya.

Berikut hasil yang saya dapatkan ketika melakukan uji kecepatan menggunakan settingan diatas.

Hasil tes cara settingan wp rocket versi 3 lengkap terbaru
Hasil Tes Setelah Menggunakan WP ROCKET

Untuk mendapatkan hasil kecepatan yang maksimal pada website wordpress yang kita miliki, kita perlu memperhatikan beberapa faktor seperti pemilihan theme yang ringan, hosting yang digunakan, plugin yang digunakan, besarnya gambar yang kita gunakan, faktor-faktor tersebut sangat berpengaruh pada hasil kecepatan website kita.

Saya telah membuat beberapa artikel tutorial tentang masalah optimasi kecepatan wordpress untuk mendapatkan hasil score terbaik. Kamu bisa baca lagi pada link di bawah ini:

  1. Cara Mempercepat WordPress Score 100 di PageSpeed Insights
  2. Cara Compress Gambar Maximal Untuk WordPress
  3. Cara Mengatasi Leverage Browser Caching WordPress
  4. 5 Website Penguji Kecepatan WordPress Terbaik

Dan buat kamu Pengguna Elementor, untuk mengoptimalkan kecepatan wordpress kamu bisa baca salah satu artikel saya disini:

  1. Tutorial Merubah Google Font Menjadi Lokal Font di Elementor

Yang Sering Ditanyakan Pada Cara Setting Wp Rocket Versi 3

Dari yang saya dapatkan ada beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan tentang cara setting wp rocket versi 3 ini.

1. Bagaimana Cara Download Wp Rocket?

Seperti yang telah di jelaskan sebelumnya di Tutorial cara setting WP Rocket diatas, Wp Rocket merupakan plugin premium dan hanya dapat di download di member area ketika kamu telah membeli licensi nya.

2. Apakah Pakai Jasa Install Wp Rocket Mendapatkan License nya?

Tidak, Jasa Install WP Rocket tidak memberikan licensi, penyedia jasa install biasanya akan langsung menginstall kan wp rocket berikut dengan license nya, yang di butuhkan adalah dengan memberikan akses sementara wp admin, atau dengan membuatkan akun admin sementara agar si penyedia layanan dapat menginstall kan wp rocket ke wordpress kita.

3. Apakah Proses Menggunakan Jasa Install Memakan Waktu Lama?

Tergantung, jika pada saat kamu melakukan transaksi ke penyedia layanan jasa install dan mereka sedang aktif, maka tidak perlu waktu lama, bisanya hanya 5 menit dah wp rocket telah di install kan ke wordpress kita.

4. Apakah Menggunakan Jasa Install Aman?

Tergantung dengan siapa kamu menggunakan layanan jasa install ini, carilah penyedia layanan yang bisa di percaya.

5. Apakah Cara Setting WP Rocket Ini Bisa Untuk WooCommerce?

Tentu saja bisa, cara setting wp rocket versi 3 diatas dapat di gunakan untuk website berita, blog pribadi, LMS, Online Shop dengan WooCoommerce, Buddypress dll.

WP Rocket VS Plugin Cache Lain

Saat ini sudah banyak sekali pembahasan tentang perbandingan antara WP Rocket dengan plugin caching lain nya seperti Wp Rocket VS Litespeed Cache, WP Rocket VS WP Fastest Cache, WP Rocket VS Autoptimize, WP Rocket VS Flying Press, WP Rocket VS W3 Total Cache dan sebagainya.

Bagi saya pribadi, kekurangan dan kelebihan itu tergantung dari cara kita menggunakan dan dari kebutuhan website wordpress kita sendiri, tidak bisa kita katakan bahwa plugin premium pasti lebih bagus dari plugin gratisan.

Semua tergantung dari settingan dan konfigurasi masing-masing orang, ada yang website nya cocok dengan Wp Rocket tapi belum tentu cocok dengan litespeed cache, begitu juga sebaliknya.

Jadi silahkan coba dan eksperimen sendiri, karena bisa saja belum tentu Cara Setting Wp Rocket Versi 3 yang saya jelaskan ini cocok dengan website wordpress kamu, semuanya perlu tes dan tidak bisa mentah-mentah di ikuti.

Ikuti dan coba hanya pada bagian yang menurut kamu itu adalah settingan terbaik untuk website wordpress yang kamu miliki.

Coba satu persatu fitur-fitur wp rocket ini, lalu tes kecepatan nya, apakah ada perubahan atau tidak, jika ada perubahan perhatikan apakah ada terjadi error pada fungsi website seperti javascript nya dll.

Kesimpulan

Dengan menggunakan plugin wp rocket dapat membantu kecepatan loading wordpress kita, cara setting wp rocket versi 3 terbaru ini telah saya tes dan coba sendiri pada web ewiskan.com ini, dan hasilnya cukup memuaskan, apalagi saya menambahkan banyak kode script pihak ketiga seperti google adsense, google analytics, google tag manager dll.

Fitur Delay Javascript Execution, Preload, dan Prefetch DNS Request pada Wp Rocket ini menjadi fitur favorit saya, karena sangat membantu dalam proses load script pihak ketiga.

Semoga artikel Cara Setting Wp Rocket Versi 3 ini bermanfaat, dan selamat mencoba 🙂

Cara Setting Wp Rocket Versi 3, cara setting wp rocket versi 3 terbaru, cara setting wp rocket versi 3 tahun 2020, cara setting wp rocket lengkap, cara setting wp rocket paling mudah

Terobsesi dengan WordPress dan menulis artikel tentang Optimasi Kecepatan WordPress, SEO, Blogging. Jangan lupa Subscribe Channel OM EW untuk Video tutorial Wordpress lainnya.

Tinggalkan Komentar