Cara Setting All In One Seo Pack Paling Lengkap 2020

Cara Setting All In One Seo Pack Paling Lengkap 2020. Pada artikel kali ini, kita akan belajar bagaimana mensetting All In One Seo Pack untuk meningkatkan traffic website atau blog WordPress kita di mesin pencari seperti Google, Bing, Yandex, dll. Plugin yang akan kita gunakan adalah All In One Seo Pack, plugin ini gratis yang dapat di download di admin dashboard wordpress kita.

Apa itu All In One Seo pack Plugin?

All In One Seo Pack merupakan plugin SEO khusus WordPress yang di miliki oleh Semperplugin, plugin ini merupakan plugin SEO yang sudah lama ada, release pertama nya ada pada tahun 2007, dan hingga sekarang telah di download sebanyak 65 juta kali, dan total aktif website sebanyak 2 juta website lebih di seluruh dunia.

Ada banyak plugin SEO yang dibuat khusus untuk WordPress, seperti Yoas, Rank Math dan sebagainya, tetapi kali ini saya akan membahas tentang All In One Seo Pack, bukannya plugin ini sudah lama ? iya kamu benar, AIO SEO PACK merupakan plugin SEO wordpress yang sudah lama ada, dan menjadi senjata legend bagi para pemain AGC dulunya 😊

AIO Seo pack merupakan plugin SEO yang terus di perbaharui dan di update oleh pengembang nya yaitu Semperplugin. Website ewiskan.com sendiri masih menggunakan All In One Seo Pack.

Update: Website ewiskan.com telah bermigrasi dari All In One Seo Pack ke Rank Math SEO per tanggal 29 September 2020.

Kalian bisa baca Artikel nya disini

OK, cukup basa basinya ya.. sekarang kita lanjutkan ke pembahasan bagaimana cara setting plugin all in one seo pack ini di website wordpress kita. Kita akan menggunakan all in one seo pack versi gratis nya saja, versi gratis nya saja memiliki fitur yang sangat lengkap, namun jika kamu memiliki dana lebih, bisa membeli versi premium dari plugin ini yang tentunya memiliki fitur terlengkap seperti video SEO dan Image SEO.

Baca Juga: 5 Website Penguji Kecepatan WordPress Terbaik

Cara Setting All In One Seo Pack

Tahap awal adalah dengan mendownload plugin ini di admin dashboard kalian masing-masing, dengan cara masuk ke menu plugin – add new dan ketikan “All In One Seo Pack” (tanpa tanda petik). Lalu download, install dan aktifkan seperti biasa.

Cara Setting All In One Seo Pack Paling Lengkap Untuk Meningkatkan Traffik
Install All In One Seo Pack Plugin

General Settings

Cara Setting All In One Seo Pack Paling Lengkap Untuk Meningkatkan Traffik
General Settings

Ini adalah menu pertama yang harus kita atur terlebih dahulu.

Berikut pengaturan pada general settings yang saya rekomendasikan.

  • Canonical URLs: Centang
  • No Pagination for Canonical URLs: Centang
  • Use Original Title: Matikan
  • Allow Usage Tracking: Matikan

Perhatikan Gambar dibawah ini:

Cara Setting All In One Seo Pack Paling Lengkap Untuk Meningkatkan Traffik
pengaturan di general settings all in one seo pack

Home Page Settings

Ini adalah pengaturan untuk Title homepage dan Deskripsi blog kita, caranya cukup mudah, isi Title website WordPress kita pada kolom “Home Title”, dan juga isi Deskripsi website WordPress kita pada kolom “Home Description”.

Panjang Home Title dan Home Description bisa mengikuti jumlah karakter yang telah di tetapkan, untuk Home Title panjang maksimal adalah 57 karakter, dan Home Description panjang maksimal adalah 160 karakter.

Pada bagian Home Keywords, isikan keyword sesuai dengan niche website wordpress kamu dan di pisahkan dengan koma.

Cara Setting All In One Seo Pack Paling Lengkap Untuk Meningkatkan Traffik

Title Settings

Bagian ini adalah opsi dari All In One Seo Pack untuk mengatur format judul atau title halaman, postingan, arsip dan semuanya di beri judul secara otomatis untuk mesin pencari. Rekomendasi dari saya biarkan saja default. Tetapi kalian juga bisa merubah nya sesuai keinginan masing-masing.

Sebagian besar pengaturan default sudah cukup baik tetapi pastikan Judul Halaman, Judul Posting, dan Deskripsi tidak menyertakan judul site (Site Title). Setiap Halaman atau Posting perlu difokuskan pada kata kunci yang ditargetkan, jadi judul dan deskripsi harus tetap fokus untuk alasan penargetan keyword.

Cara Setting All In One Seo Pack Paling Lengkap Untuk Meningkatkan Traffik

Content Type Settings

Pada menu ini cukup centang post dan pages saja , seperti gambar dibawah ini:

Cara Setting All In One Seo Pack Paling Lengkap Untuk Meningkatkan Traffik

Display Settings

Sama seperti Content Type Settings, biarkan default dan cukup centang Posts dan Pages saja.

Webmaster Verification

Ini adalah menu untuk memasukan kode verifikasi webmaster website kita, kita dapat menggunakan Tag HTML dan memasukan kode nya saja, sebagai contoh:

<meta name="google-site-verification" content="7FNTRUdlve5b8OPQDCHEUax6hHmoEVQNXr3j0-wZWD4" />

Yang perlu di masukan di plugin All in one seo pack hanya bagian terakhir saja, dalam contoh ini adalah “7FNTRUdlve5b8OPQDCHEUax6hHmoEVQNXr3j0-wZWD4

Kalian bisa register atau mendaftar di Google, Bing, Yandex pada link dibawah ini:

Google Analytics

Menu ini adalah tempat dimana kita bisa memasukan kode tracking dari google analytics, silahkan login ke google analytics masing-masing, lalu kopi kan kode tracking yang berawalan UA-########

Sebagai Contoh nya seperti ini:

Cara Setting All In One Seo Pack Paling Lengkap Untuk Meningkatkan Traffik

Schema Settings

Ini adalah pengaturan untuk schema markup website kita, kalian bisa melihat penjelasan tentang schema markup disini, untuk pengaturan nya, saya merekomendasikan seperti settingan dibawah ini:

  • Use Schema.org Markup: Centang
  • Display Sitelinks Search Box: Centang
  • Social Profile Links: Masukan url facebook, twitter, youtube atau sosial media kamu lainnya.
  • Person or Organization: Pilih Person jika blog kamu dikelola sendiri, pilih organization jika blog kamu memiliki banyak author.
  • Organization Name: Masukan nama organisasi kamu (bisa diisi dengan nama website)
  • Organization Logo: Logo website
  • Phone Number: Boleh diisi, boleh di kosongkan
  • Type of Contact: Pilih yang sesuai

Cara Setting All In One Seo Pack Paling Lengkap Untuk Meningkatkan Traffik

Noindex Settings

No Index dan No Follow adalah pengaturan dimana kita dapat memilih area mana dari website wordpress kita yang tidak akan terindex oleh Google, dan mana yang tidak memberikan backlink yang umumnya disebut link juice – no follow

Penjelasan lengkap mengenai No Follow dan Follow bisa dibaca di artikel ini NoFollow Links vs. Follow: What You Need to Know, sedangkan untuk pengaturan nya, kalian bisa atur seperti gambar dibawah ini:

Cara Setting All In One Seo Pack Paling Lengkap Untuk Meningkatkan Traffik

RSS Content Settings

Ini merupakan pengaturan dimana kita bisa menambahkan link artikel postingan kita dan link website kita di RSS FEED, fungsinya adalah jika konten kita di scrape menggunakan tools scraping untuk dipasang di web orang lain, maka secara otomatis link postingan dan link website kita akan ikut didalam hasil scraping mereka. Dan ini juga berfungsi untuk memberitahu mesin pencari mengindentifikasi bahwa website kamu merupakan website pertama yang memposting artikel tersebut.

Baca Juga: Cara Mempercepat WordPress Score 100 di PageSpeed Insight

Advanced Settings

Pengaturan ini merupakan pengaturan tingkat lanjut, tetapi disini saya hanya menggunakan dua fungsi saja, yaitu “Auto Generate Descriptions” dan “Use Content For Autogenerated Descriptions

Kedua fungsi tadi berguna jika kita lupa mengisi deskripsi secara otomatis pada pengaturan Seo di dalam artikel dan halaman, ini bisa menjadi solusi jika kita lupa untuk mengisi deskripsi tersebut. Karena secara otomatis All In One Seo Pack akan mengambil bagian pertama dari konten kita untuk di jadikan deskripsi.

Cara Setting All In One Seo Pack Paling Lengkap Untuk Meningkatkan Traffik

Keyword Settings

Ini merupakan pengaturan dimana secara otomatis All In One Seo Pack plugin akan mengisi keyword untuk artikel kita.

Berikut settingan yang saya gunakan:

  • Use Keywords: Centang
  • Use Categories for META keywords: Matikan
  • Use Tags for META keywords: Centang
  • Dynamically Generate Keywords for Posts Page/Archives: Centang

Cara Setting All In One Seo Pack Paling Lengkap Untuk Meningkatkan Traffik

Jika pengaturan diatas semua sudah di lakukan jangan lupa simpan dengan mengklik “Update Options

Performance

Ini adalah menu untuk melihat jumlah memory, waktu ekseskusi, system status plugin All in One Seo Pack, biarkan saja default.

XML Sitemap

Pada menu ini, kita bisa melihat link Sitemap kita, secara otomatis plugin All in one seo pack akan menggenerate halaman sitemap yang kemudian dapat kita submit ke google webmaster tools, bing webmasters atau webmaster lainnya.

Pengaturan default nya sudah cukup bagus, tetapi kita perlu menyesuaikan lagi dengan gaya ngeblog kita masing-masing, jika kamu merupakan blogger aktif dan selalu konsisten mengisi artikel di blog setiap hari tanpa absen sedikitpun, maka kamu bisa merubah “Schedule Updates” menjadi “Daily

Begitu juga jika kamu seorang blogger yang juga sibuk di dunia nyata, dan hanya bisa mengisi artikel baru beberapa kali dalam seminggu, maka kamu bisa merubah “Schedule Updates” menjadi “Weekly

Cara Setting All In One Seo Pack Paling Lengkap Untuk Meningkatkan Traffik

Additional Settings

Pada bagian ini kalian bisa membuat rss sitemap, jika memang di butuhkan, tetapi saya akan membiarkan nya secara default saja.

Berikut pengaturan saya:

  • Additional Sitemaps: Biarkan Default
  • Additional Pages: Biarkan Default
  • Exclude Items: Biarkan Default
  • Priorities: Biarkan Default
  • Frequencies: Biarkan Default

Jika sudah jangan lupa klik Update Settings.

Feature Manager

Cara Setting All In One Seo Pack Paling Lengkap Untuk Meningkatkan Traffik

Ini merupakan fitur tambahan yang di berikan All in One Seo Pack, kalian bisa mengaktifkan seperti fitur Social Meta, Robots.txt, File Editor dll

Pada social meta, kalian bisa mengatur settingan nya sendiri, karena pengaturan social meta lebih di tujukan untuk fungsi share di facebook dan Twitter.

Sampai disini settingan All In One Seo Pack kita telah selesai, yang perlu diingat adalah untuk mendatangkan traffic tidak cukup hanya dengan mengandalkan suatu plugin saja, kalian harus bisa membuat konten yang SEO friendly, dan juga menoptimalkan segi dari kualitas postingan yang kalian miliki.

Semoga artikel sederhana ini bermanfaat 😊

Leave a Comment