Cara Pindah Plugin All In One Seo Ke Yoast Seo Terbaru 2020

Cara pindah plugin All In One Seo ke Yoast Seo. Ada beberapa pertanyaan bagaimana cara pindah plugin All In One Seo Pack ke Yoast Seo? di tutorial kali ini kita akan belajar bagaimana melakukan perpindahan data atau migrasi dari All In One Seo Pack plugin ke Yoast Seo pada website wordpress kita dengan cara yang benar dan aman tanpa kehilangan settingan konfigurasi pentingnya.

All In One Seo Pack merupakan salah satu plugin seo wordpress terbaik yang pernah ada hingga saat ini, namun dalam beberapa tahun terakhir, kepopuleran All In One Seo terkalahkan oleh Yoast Seo, lalu apakah All In One Seo pack tidak layak lagi di pergunakan? jawaban nya tentu saja masih sangat bagus untuk di pergunakan, karena tidak semua orang nyaman dan cocok dengan plugin Seo lain seperti Yoast SEO.

Tetapi kalau kalian ingin tetap pindah atau migrasi dari all in one seo plugin ke yoast seo, maka harus melakukan settingan yang benar, agar data yang sudah kalian setting sebelumnya di All In One Seo tidak hilang dan bisa sejalan dengan plugin Yoast Seo nantinya.

Cara Pindah Plugin All In One Seo Pack Ke Yoast SEO

Untuk melakukan perpindahan data atau migrasi dari plugin seo lama ke plugin seo baru, maka lebih baik kita melakukan backup database dan file WordPress terlebih dahulu, untuk mencegah hal-hal yang tak diinginkan seperti website error dan sebagainya, kalian bisa menggunakan plugin backup seperti Updraft Plus, Duplicator plugin, BackUpWordPress dsbnya. Atau kalian juga bisa melakukan backup database dan file WordPress dengan mendownload database WordPress kalian melalui cPanel.

Jika backup telah dilakukan sekarang kita bisa mulai melakukan migrasi data dari All In One Seo ke Yoast Seo.

Cara Aman Migrasi Plugin All in One Seo Pack ke Yoast Seo

Sebelum kita melakukan proses secara keseluruhan, pastikan kalian telah menonaktifkan plugin All In One Seo terlebih dahulu, cukup nonaktifkan saja dan jangan di hapus.

Langkah 1: Download dan Install Plugin Yoast SEO

Silahkan masuk ke halaman dashboard WordPress masing-masing lalu pergi ke menu “Plugins – Add New” dan ketikan Yoast Seo, download dan install lalu aktifkan seperti kita menginstall plugin biasanya.

Cara Pindah Plugin All In One Seo Ke Yoast Seo Terbaru 2020
Cara Pindah Plugin All In One Seo Ke Yoast Seo Terbaru 2020

 

Cara Pindah Plugin All In One Seo Ke Yoast Seo Terbaru 2020
Cara Pindah Plugin All In One Seo Ke Yoast Seo Terbaru 2020

Langkah 2: Indexing SEO data pertama kali

Ketika pugin Yoast SEO di aktifkan maka akan muncul notifikasi untuk melakukan indexing data seo website kita, silahkan klik “Start processing and speed up your site now” dan tunggu hingga Yoast selesai melakukan indexing pada website WordPress kita.

Cara Pindah Plugin All In One Seo Ke Yoast Seo Terbaru 2020

Langkah 3: Import Data Seo All In One Seo Pack ke Yoast Seo

Setelah proses indexing selesai, maka selanjutnya kita akan melakukan proses import data dari All In One Seo ke Yoast, masuk ke menu “Tool” lalu pilih Tab “Import from other SEO plugins“, pada tahap ini kita akan memilih All In One Seo Pack lalu klik “Import” tunggu proses import selesai.

Cara Pindah Plugin All In One Seo Ke Yoast Seo Terbaru 2020

Cara Pindah Plugin All In One Seo Ke Yoast Seo Terbaru 2020

 

Langkah 4: Clean up data All In One Seo

Setelah langkah ke 3 selesai, kalian bisa memeriksa metadata untuk post dan halaman terlebih dahulu, jika tidak ada masalah, maka selanjutnya kita akan melakukan proses clean up database yang telah di buat oleh All In One Seo, sehingga data Seo yang kita pergunakan benar-benar bersih dan 100% menggunakan data dari Yoast Seo plugin, untuk itu kita akan langsung ke tahap selanjutnya yaitu melakukan pembersihan data dari plugin seo lama. Pada tahap ini pastikan plugin yang dipilih adalah All In One Seo Pack lalu klik “Clean

Tunggu hingga proses ini selesai, biasanya tidak lama ditandai dengan notifikasi “All In One Seo Pack data successfully removed” yang artinya plugin all in one seo pack telah dihapus dan seluruh data nya yg tersisa dari plugin ini telah dibersihkan oleh Yoast Seo.

Cara Pindah Plugin All In One Seo Ke Yoast Seo Terbaru 2020Cara Pindah Plugin All In One Seo Ke Yoast Seo Terbaru 2020

Cara Pindah Plugin All In One Seo Ke Yoast Seo Terbaru 2020

Langkah 5: Pemeriksaan Settingan Yoast SEO

Jika langkah 1 sampai 4 diatas telah berhasil, maka tahap terakhir adalah dengan memeriksa ulang settingan Yoast, kalian bisa masuk ke menu “General“, jika ingin lebih yakin lagi kita bisa menjalan kan “configuration wizard!” untuk melakukan pemeriksaan dari awal dan melakukan settingan secara lebih detil.

configuration wizard!

Selesai, sampai disini kita telah selesai dan berhasil melakukan proses perpindahan atau migrasi dari All In One Seo Pack ke Yoast Seo dengan benar, jika kalian menggunakan plugin Cache, silahkan di hapus dulu atau clear cache agar tidak ada error lain nya.

Jika kalian adalah pengguna setia All In One Seo Pack, kalian bisa baca cara setting all in one seo pack versi terbaru pada link dibawah ini:

Baca Juga: Cara Setting All In One Seo Pack Paling Lengkap 2020

Demikian tutorial cara melakukan pindah atau migrasi plugin All In One Seo Pack ke plugin Yoast SEO, semoga artikal ini bermanfaat 🙂

Leave a Comment