Cara Mempercepat WordPress Score 100 di PageSpeed Insights

Kecepatan suatu website merupakan salah satu faktor penting untuk mendatangkan trafik ke blog kita, jika website kita cepat di akses maka trafik pun banyak yang datang, tapi jika website kita di akses nya lambat, maka trafik pun akan hilang, telebih kecepatan internet di indonesia masih lambat 🙂

Kali ini kita akan membahas bagaimana cara mempercepat wordpress untuk mendapatkan hasil yang maksimal, ada banyak cara yang dilakukan oleh seorang pemilik website untuk mengoptimalkan kecepatan website mereka, antara lain dengan mengoptimalkan ukuran gambar, menggunakan plugin caching, dan juga mengurangi jumlah script yang tidak di butuhkan pada website seperti penggunaan javascript dan script-script lainnya.

Cara Mempercepat WordPress Score 100 di PageSpeed Insight
Cara Mempercepat WordPress Score 100 di PageSpeed Insight

Hal Yang Harus Di Perhatikan Untuk Mempercepat WordPress

Khusus website yang dibuat menggunakan WordPress, ada banyak cara untuk mengoptimalkan kecepatan nya, masing-masing orang menggunakan cara yang berbeda, dengan tujuan untuk mendapatkan kecepatan yang optimal, beberapa faktor penting sebelum kita membuat melakukan optimasi adalah sebagai berikut:

1. Theme yang ringan

Tidak di pungkiri, banyak sekali tema atau theme wordpress yang memiliki tampilan yang bagus dan menarik, memiliki fitur yang sangat lengkap dan banyak untuk membuat tampilan wordpress kita menjadi lebih terlihat elegan, dan profesionak, tetapi jika kita berfokus untuk mendapatkan hasil optimal kecepatan, maka saya menyarankan untuk menggunakan theme yang ringan, dan sederhana tanpa banyak menggunakan script seperti animasi dll.

2. Ukuran Gambar

Blog tanpa gambar seperti malam tanpa bintang, penggunaan gambar di blog dapat meningkatkan CTR pada suatu website, dan juga dapat membuat website atau blog terlihat lebih menarik, akan tetapi penggunaan gambar dengan ukuran yang besar akan membuat kecepatan website kita menjadi lambat, untuk itu lakukan optimasi pada gambar seperti memperkecil ukuran gambar atau mengkompres file gambar tadi sebelum di upload di website atau blog kita.

3. Hosting

Merupakan salah satu aspek penentu kecepatan suatu website, memilih hosting baik itu VPS Server, ataupun Shared Hosting harus benar-benar diperhatikan, jika kalian memiliki pengetahuan yang cukup dalam memanage server kalian bisa menggunakan VPS Server, namun jika kalian tidak memiliki cukup pengetahuan dan tidak mau di pusingkan dengan hal-hal dalam memanage server, kalian bisa menggunakan Shared Hosting. pada website yang saya kelola secara pribadi atupun untuk klien saya, saya menggunakan hosting dari WARNAHOST, yang menurut saya pribadi memiliki kualitas yang sangat baik. Kalian bisa memilih paket hosting dari warnahost disini

4. Plugin

Penggunaan plugin yang terlalu banyak juga dapat membuat website wordpress kita menjadi lambat, gunakan plugin secukup nya saja yang benar-benar kalian butuhkan, kalian bisa menghapus plugin yang tidak dibutuhkan pada admin dahsboard wordpress kalian.

5. Script Javascript, Jquery

Penggunaan javascript yang terlalu banyak juga dapat membuat website wordpress kita menjadi lambat, kita dapat mengoptimasi javascript ini dengan menginline kan susuan script nya atau dengan meminify javascript ini, atau sama sekali menghapus nya.
Namun jika website atau blog kita menggunakan tracking seperti Google Analytics, Histats atau layanan tracking lain kita tidak dapat terlalu banyak melakukan apa-apa karena script ini berasal dari masing-masing pengembang.

Pada website ewiskan.com ini, saya menggunakan script analytics dari Google. Kalian bisa menguji kecepatan sebelum melakukan optimasi dan sesudah melakukan optimasi, agar dapat melihat perbedaan nya.

Baca Juga: Tutorial Mengganti Theme WordPress Terbaru 2020

Cara Mempercepat WordPress

Jika ke lima hal diatas sudah kita lakukan, maka saat nya kita melakukan optimasi untuk kecepatan wordpress kita, disini saya hanya menggunakan 3 plugin saja untuk mengoptimasi kecepatan.

Kalian bisa menguji kecepatan sebelum melakukan optimasi dan sesudah melakukan optimasi, agar dapat melihat perbedaan nya.
Berikut ini link untuk melakukan pengujian.

Jika kalian menggunakan GTMetrix, silahkan sesuaikan lokasi pengujian nya, jika website atau bl0g kalian menargetkan negara di luar indonesia maka pilihlah server terdekatnya, sebagai contoh pada server Vancouver, Canada

Jika kalian menargetkan visitor dari Indonesia, gunakan dan pilih pada server terdekat di GTMetrix, sebagai contoh lokasi server Hong Kong, China untuk dapat memilih server kalian harus login ke akun GTMetrix terlebih dahulu.

Ok sekarang mari kita mulai mempercepat kecepatan wordpress kita, Adapun bahan yang dibutuhkan, antara lain:

1. Autoptimize
Plugin ini merupakan plugin cache dan memiliki fitur untuk mengoptimasi kecepatan website wordpress kita, download plugin Autoptimize dan install, lalu lakukan setingan yang seperti saya lakukan.

Cara Mempercepat WordPress Score 100 di PageSpeed InsightCara Mempercepat WordPress Score 100 di PageSpeed InsightCara Mempercepat WordPress Score 100 di PageSpeed Insight

Cara Mempercepat WordPress Score 100 di PageSpeed Insight

Cara Mempercepat WordPress Score 100 di PageSpeed Insight

2. WP Fastest Cache
Plugin caching ini memiliki fitur yang sederhana namun sangat powerfull dalam hasilnya. Download plugin wp fastest cache lalu lakukan setingan seperti yang saya lakukan.

Cara Mempercepat WordPress Score 100 di PageSpeed InsightCara Mempercepat WordPress Score 100 di PageSpeed InsightCara Mempercepat WordPress Score 100 di PageSpeed InsightCara Mempercepat WordPress Score 100 di PageSpeed Insight

3. Super Progressive Web Apps (optional)
Plugin ini memiliki fungsi yang sangat baik untuk mempercepat wordpress kita terutama untuk pengguna mobile, download plugin Super Progressive Web Apps dan lakukan setting sesuai dengan keingginan.

Kalian bisa melihat secara jelas bagaimana saya melakukan optimasi kecepatan wordpress dengan menggunakan plugin Autoptimize,dan plugin WP Fastest Cache pada video tutorial dibawah ini:

Nah, jadi seperti itulah bagaimana saya mempercepat wordpress untuk mendapatkan hasil yang maksimal pada Google PageSpeed Insight, semoga artikel ini bermanfaat.

Leave a Comment