Cara Install WordPress di Laragon

Di artikel kali ini kita akan bahas bagaimana Cara Install WordPress di Laragon dengan mudah dan cepat. Laragon merupakan software alternatif selain xampp untuk menginstall WordPress di localhost, tidak hanya dapat digunakan untuk menginstall wordpress, laragon juga dapat digunakan untuk menginstall berbagai macam script PHP, Node.js, Pyhton, Java dll tanpa ribet.

Apa Itu Laragon?

Laragon merupakan software alternatif lain selain xammp, laragon dapat digunakan untuk membangun dan mengelola aplikasi website modern, memiliki stabilitas yang baik, tampilan yang sederhana dengan fitur yang luar biasa. Software ini juga sangat ringan hanya sebesar 4MB ketika dijalankan.

Laragon juga sudah mendukung berbagai script seperti script PHP, Node.js, Python, Java, Go, dan Ruby.

Fitur Laragon

Pretty URLs

Dengan Pretty URLs kita dapat menggunakan link daripada menggunakan localhost/app seperti xampp.

Portable
Karena sifatnya portable, maka kita dengan mudah memindahlan file laragon ke hard disk lain, ke laptop yang berbeda bahkan bisa di Sync kan ke Cloud dengan mudah.

Isolated
Laragaon memiliki sistem environment sendiri, jadi tidak mengganggu sistem OS komputer kita.

Easy Operation
Tidak seperti software lain yang harus melakukan settingan configurasi atau pre-config ketika akan menginstall script, berbeda dengan laragon yang memiliki auto config atau pengaturan otomatis. Sehingga dengan fitur configurasi otomatis ini, kita dapat degan mudah menginstall script seperti PHP, Python, Ruby, Java, Go, Apache, Nginx, MySQL, PostgreSQL, MongoDB dengan mudah.

Modern & Powerful
Dibangun dengan sistem yang modern dan canggih, kita dapat menggunakan Apache dan Nginx secara bersamaan.

Cara Install WordPress di Laragon

Hal pertama tentunya kamu harus download dulu laragon, saat artikel ini di tulis, versi laragon terbaru adalah versi 4.0 yang menggunakan Apache 2.4, Nginx, MySQL 5.7, PHP 7.2, Redis, Memcached.

Cara install WordPress di Laragon
Download Installer Laragon

Install laragon dengan mengklik next dan next dan tunggu hingga proses instalasi selesai.

Cara Install WordPress di Laragon
Instalasi Laragon di Windows

Jika proses instalasi telah selesai, selanjutnya jalan kan laragon, disini kita akan melakukan beberapa penyesuaian.

Buka menu pengaturan laragon dengan mengklik icon gear pada pojok kanan atas.

Cara Install WordPress di Laragon

Selanjutnya pada menu General, kamu bisa merubah Virtual Hosts (Hostname) dengan extension yang diinginkan, default nya adalah {name}.test, Pada contoh ini saya merubah nya menjadi {name}.dev
Penjelasan:
{name}.test = merupakan link pretty url saat kita akan membuka website development menggunakan laragon, sebagai contoh jika pada Xampp menggunakan link seperti localhost/apps maka di laragon kita dapat merubah nya menjadi webku.test
perhatikan gambar di bawah ini

Cara Install WordPress di Laragon

Pada menu Services & Ports, saya mengaktifkan memcached, tujuannya sederhana, agar web development dapat dibuka dengan ngebut ibaratnya kita menggunakan live server 😀

Cara Install WordPress di Laragon

Jika sudah, klik close dan klik Start All untuk mulai menjalankan Laragon.

Cara Install WordPress di Laragon

Laragon akan mengaktifkan semua services yang dibutuhkan, ditandai dengan aktifnya services seperti Apache, MySQL dan addons memcached.

Cara Install WordPress di Laragon

Selanjutnya klik kanan pada tampilan laragon dan pilih Quick app – WordPress, untuk melakukan proses instalasi wordpress di laragon.

Cara Install WordPress di Laragon

Selanjutnya, isi nama web project kamu, sebagai contoh disini saya isi dengan nama webku.

Cara Install WordPress di Laragon

Secara otomatis laragon akan melakukan proses pembuatan database, download file wordpress terbaru, lalu melakukan proses extract file secara otomatis, tunggulah hinggal proses ini selesai.

Cara Install WordPress di Laragon
Cara Install WordPress di Laragon

Ketika proses telah selesai, maka kita telah siap untuk melakukan proses instalasi wordpress, masih ingat tahap pengaturan saat merubah hostname? jika kamu perhatikan link yang saya beri tanda merah diatas, laragon secara otomatis membuatkan pretty url wordpress kita. Sebagai contoh diatas, url nya menjadi

http://webku.dev

klik Visit site untuk melakukan proses instalasi wordpress.

Note: Jika pada saat membuka link lalu terjadi error seperti pada gambar dibawah ini, itu biasanya terjadi karena chrome atau browser yang digunakan tidak menganggap url web project kita aman, karena menggunakan http, browser berusaha mengalihkan traffik menggunakan https, sehingga akan terjadi error seperti gambar dibawah.
Solusinya adalah dengan mengaktifkan https di laragon.

Cara Install WordPress di Laragon
Error pada saat membuka pretty url

Untuk mengaktifkan https di laragon, caranya sangat mudah sekali, klik kanan di laragon, lalu arahkan ke menu Apache – SSL – Enabled, maka masalah SSL pun terselesaikan hanya dengan satu kali klik saja 🙂

Cara Install WordPress di Laragon

Coba buka kembali website dengan cara klik kanan www – nama web project, perhatikan gambar dibawah.

Cara Install WordPress di Laragon

Dan hasilnya, web project dapat dibuka dengan normal dan juga menggunakan https!

Cara Install WordPress di Laragon
Cara Install WordPress di Laragon

Terakhir lakukan proses instalasi WordPress seperti biasa hingga selesai.

Jika kamu masih pemula dan masih bingung bagaimana cara install wordpress di localhost, kamu juga dapat mengikuti tutorial saya sebelumnya pada link dibawah ini:

Baca Juga: Install WordPress di Xampp Terbaru 2020

Atau kamu dapat tonton video tutorial nya dibawah ini

Seperti itulah cara install wordpress di laragon, sangat mudah dan cepat tanpa ribet, selain dapat digunakan untuk intall wordpress, laragon juga dapat kamu gunakan untuk menginstall script-script website lainnya.

FAQ

Apakah bisa menggunakan laragon di MAC dan Linux?

Sayangnya laragon hanya dibuat untuk Windows

Apakah cara install wordpress di laragon membutuhkan spek laptop/pc tinggi?

Seperti yang sudah di jelaskan sebelumnya, laragon merupakan software dengan ukuran yang kecil jika dibandingkan dengan software sejenis seperti Xampp, dan juga penggunaan resources dari laragon terbilang sedikti sekali, sehingga dapat digunakan pada laptop atau pc dengan spek rendah. Untuk lebih jelas kamu dapat baca langsung pada website resmi laragon.

Apakah bisa install wordpress lebih dari satu di laragon?

Tentu saja bisa, caranya sama seperti yang sudah saya jelaskan pasa tutorial cara install wordpress di laragon diatas, untuk melakukan instalasi wordpress baru, cukup tambah dengan membuka menu quick app – wordpress

Lebih bagus mana Laragon dan Xampp?

Pertanyaan yang rumit sebenarnya, jika di minta penilaian secara pribadi, saya lebih memilih laragon, selain ringan dan mudah tanpa harus download file wordpress terlebih dahulu, fitur SSL atau https nya sangat membuat saya lebih memilih laragon jika dibandingkan Xampp.

Leave a Comment